Bismillah,,,
Yg mau baca silahkan, mungkin bisa diambil sekalimat/ sekata yg bermanfaat. Tp kalo g baca dan g ada yg bs diambil ya gpp.
Mungkin ada yg nilai ini lebay ato gmn, monggo gpp. Kan niatnya share aja.

Sudah 2 tahun g kerasa ane di sabil. Kadang ane sering mikir, kok bs ya ane di uin, di sabil, ktmu ina,ulfah, peni, k. navis, ka zahro, ketemu wahyu, ari, ihwan, dan semua anak sabil yg belom kesebut. Pdhl ditahun pertama ane dulu hampir mau pindah. Tp ntah knp g jadi.

Perjalanan manusia kan emang g ada yg tau ya, ada yg berjuang, gagal kecewa, bangkit lg, ada jg yg g berjuang, menang, tp masih kurang aja.
Tp inti dr semua perjalanan itu sbnrnya sabar dan syukur, sabar untuk kejutanNya dan syukur atas nikmat2Nya.

Ane pernah bilangkan, sabil itu just like my home. Why? krn dlm beberapa hal byk yg g pernah ane temukan di kampus. Saat penat2nya kuliah, ada sabil yg dg istiqomah santai nya mengkaji huruf demi huruf kitab yg kadang ane pun ketiduran ngikutin, tp semoga mash ada keberkahan nya yg nempel.

Saat panas2nya kampus dg persaingan partai yg menjijikan itu, sabil dg santri2 yg apa adanya malah sibuk bikin buku persiapan masuk uin.
Saat tegang2nya kampus menentukan nilai akhir semester yg katanya g menentukan masa depan itu -,-, sabil malah ramai dg perlombaan antar kamar yg scr tdk lgsung mempererat hubungan emosional keluarga ini.
Dan saat semua mahasiswa sibuk dg berbagai kepanitiaan atau berbagai tuntutan finansial yg menguras otak dan mjd beban, sabil dg imbang bersholawat dan bertilawah tanpa beban.

Mungkin semua hal terkesan biasa-biasa saja. Tp, menurut ane, ini keseimbangan nutrisi spiritual dan intelektual yg luar biasa.
Dalam hal materi dan kajian, tak bs dipungkiri memang kita tidak sedalam darsun dan sesalaf darhik. Bahkan, bs dikatakan kurang. Maaf seblmnya. Krn memang spesialisasi "bahasa" yg katanya ditonjolkan, namun mungkin mmg belum nampak, atau memang anenya saja yg g bener kalo ngaji.  piss.

Ada Bbrp anak putri mencoba mengkritik masalah ini, shg membuat ane berfikir. Tunggu, sebnrnya niat kita ke sabil buat apa sih? Dan sampai detik ini apa aja yg udah kita dapet?

Ane jd penasaran, niat utama kita kesini pada awalnya. Krn nampak jelas, kita lebih sering memprioritaskan kegiatan kampus drpd dateng duluan menunggu dosen2 ikhlas yg mengabdi pada sabil hanya untuk berbagi ilmu tanpa mengharap materi.

Kita jg lebih memilih beristirahat dirumah ketimbang mengikuti pengajian oleh almukarom kiai kita di jum'at malam. Yg kadang ane jg masih blm paham2 ama balagoh (dr dulu sih itu). Hehe.
Sampai pada suatu titik akhirnya absen jd 2 untuk jum'at malam itu brrti sudah dalam tahap pemaksaan halus. Nahloh, unsur keikhlasan kita mengikuti pengajian jd berkurang krn takut absen byk.

Ane sadar semua santri sabil memang potensinya besar2 dikampus, di masyarakat, dll. Namun kalo coba dih kita evaluasi ulang, ke sabil pgn nambah ilmu agama. Tercapai g? Ke sabil pgn bisa bhs.arab. tercapai ga?

Banyak loh, org yg menghabiskan sisa umur hidupnya tp ternyata sia2. Semua yg ia lakukan semata2 hanya krn paksaan/tuntutan, bukan kebutuhan.
Sejujurnya ane takut. Keluar dr sabil, diminta pertgung jwaban. Prosesnya sendiri tdk pernah ane sungguh2. Takut semua sia2..
Kita kan (ane jg termasuk) ada yg bersungguh2,ada yg cm main2,ada yg ngambil sisi benefitnya aja, ada yg yah, macem2 lah.
Dan akhirnya ane beranikan diri kmrn untuk bilang ke ust. Masalah pendlman materi yg kurang dsbgainya. Biar keinginan ustad dan kita sbg santri sama2 enak, dan tdk ada yg dipaksakan.
Kadang lucu aja, dr kmrn, kita lebih semangat rapat ketimbang ngaji.
Tiap malam jumat g jarang, makan2 skdr untuk kumpul2.

Waktu itu kan cepat ya. G kerasa kita udah mau smster 3 atau 5. Pdhl baru kmrn kynya daftar uin. Cepat atau lambat setelah ini kita akan menjajaki tingkat kehidupan selanjutnya, kerja, kuliah lg, atau nikah... Duh g kebayang gmn nanti. Tp semoga kita sudah punya modal ilmu dan amal yg kuat buat menghadapinya.
Yg ane bilang barusan mgkin cm renungan ane sejauh ini.

Kt Allah, manusia diciptakan dimuka bumi untuk menjadi khalifah, sbg perpanjangan tangan Allah menyampaikan kebaikan2 terhadap sesama yg akan dipertgungjawabkan di akhirat nanti. Lalu muncul pertanyaan lg yg menyesakkan dada, sudah Seberapa bermanfaat sih kita buat sekeliling kita? Seberapa byk ilmu yg sudah kita amalkan? Seberapa byk yg sudah kita gali dr ilmu2 Allah yg sedemikian dalamnya ini? Sudah kah kita menjalankan misi sbg khalifah tsb?
Atau malah belum sama sekali. (Nauzubillah)

Hidup itu kaya mimpi. Mati kita terbangun. G ada yg tau kapan perjalanan kita berakhir. G ada yg tau, nasib kita, tahun depan, bulan depan, atau bahkan 5 menit kedepan bagaimana. Mgkin aja ane abis ngetik kaya gini, trus g ada, atau mungkin aja tmn2 yg baru baca ini, trus nggak ada.
Bercita2 itu wajib, masadepan siapa yg tau. Cuma Dia dg berbagai rencana indahNya yg tau dan berhak menentukan hidup kita.

Taukan yg bisa merubah takdir itu doa?
Kata ust.ane doa itu lebih tajam drpd perkataan. Apalagi doa yg diam2.
Semakin org yg didoakan g tau, semakin doa itu mustajab.
Kita harus membalas kebaikan org itu dg 4 hal: dg yg lebih baik, dg yg sama baiknya, dg yg kurang dr pemberian. Dan terakhir kl g bs sm sekali yi, dg doa.

Ane ngerasa semua keluarga sabil itu orang baik. Dan sama2 punya tujuan mulia dlm berjuang di sisa umur yg dipinjamkan ini. Punya sahabat2 baik jg sarana dan media untuk menebar kebaikan dan saling mengingatkan. Mungkin secara zohir itu sudah terbentuk. Kuat bahkan, dg berbagai acara yg kita lalui bersama. Tp scr batin udah blm ya?
Waah ane jd kaya kulsub begini hehe

Pasti udah byk yg tau kan kekuatan sedekah, balasannya gmn?
Nah sama kaya doa. Semakin byk kita doakan org lain, semakin byk pula yg kita dapatkan. Masa depan kita semua g ada yg tau ya, sukses atau nggaknya. Berhasil atau gagalnya? Tp inget sekali lg, cuma 1 yg bisa merubah takdir, doa.

Semoga keluarga ini bs mjd salah satu halte perjalanan hidup kita yg bermanfaat dan membekas di masa depan nanti. Yuk kita saling mendoakan. Ikatan kekeluargaan ky gini, percuma kalo cuma dibangun zohirnya saja, dan kering batin nya..

Maksudnya kita g tau masa depan kita nanti gmn, punya temen yg istiqomah doain kita itu jarang loh..
Kalo ada yg punya masalah didoakan selesai, yg punya penyakit cepet sembuh. Saling menguatkan dalam iman dan islam,
Doa kan g modal. Cm diucap doang tp tercatat di lauhul mahfuz..
Kali aja kita semua bs sukses dan mimpi2 kita tercapai ntar berkat doa berjamaah ssemua anggota kita yg g kita ketahui.
Doa itu imateri. Saat Ina bilang tolong jaga Temen2 sabilussalam dr celaka dan bahaya. Bisa saja, ane selamat g jadi ketabrak motor cuma gara2 doa Ina.
Makanya saling mendoakan agar sama2 bs menjaga dr kejauhan dalam keselamatan.
Orang jahat aja harus didoain, apalagi orang baik, ky temen2.. :') duh jadi melow nih

Kata ust. Ane. Org itu bisa sukses/gagal krn doa org yg g kita kenal. Untuk menghindari kecelakaan/kegagalan kita krn doa yg g kita kenal, perbanyak doakan orang lain yg g kita kenal dg kebaikan.
jaman skrg, yg tulus dibilang modus, yg modus dibilang tulus.
Yg baik dikira hipnotis, yg sangar dikira g mencerminkan islam. Kan repot. Hehe

Satu lg, saat kita berbuat baik, saling mendoakan, jgn selalu difikir apa untungnya buat kita, tp coba fikir. Supaya nanti anak2 kita/calon anak2 kita jg dikelilingi oleh orang2 baik.

Teman yg saling mengingatkan untuk mengingat Allah, akan bisa memberi syafaat di hari kiamat.
Wiih mantep kan, mgkin nanti di akherat ane di neraka, ikhwan bisa nolongin ane tuh.
Kalo memang ikatan doa robitoh kita kenceng dan bersama2 fastabiqul khoirot berjuang di agama ini.

Mungkin segitu dulu yg bisa ane share, semoga sedikit2 bermanfaat. Maaf jd kaya tausiyah.  #salingmendoa supaya bisa #suksesbersama.  #dunia akhirat. #maaf lahir batin semuanya. Semoga ramadhan 12 semakin baik
Drama Siti Masyitoh Albarkah dan sekitarnya.. :D

MY lovely family "Al-Barkah" (Ocha, Ina, Feni, BUnda NAfis dan Ulfah)

Soutus Sabil

PAnitia Bimtest 2013

Wanita2 Solehah Sabil (Amiiiin) :)
Suasana Barjanji Sabilussalam

Leave a Reply